Sabtu, 04 Mei 2019


Berpergian bersama keluarga tentu lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi. Mobil bisa menjadi pilihan untuk pergi kemanapun bersama orang-orang yang Anda cintai. Dalam cuaca apapun, Anda tidak akan merasa kepanasan maupun kedinginan karena setiap mobil kini memiliki fitur AC maupun pemanas. Agar perjalanan Anda tetap nyaman, pastikan Anda melakukan perawatan pada AC Anda dengan cara cuci AC misalnya.

Saking sibuknya Anda dengan pekerjaan, Anda seringkali lupa untuk melakukan perawatan pada mobil khususnya bagian AC. Intensitas penggunaan AC bisa dibilang cukup sering mengingat Indonesia adalah Negara Tropis yang memiliki cuACa cukup panas dan lembab. Selain itu, kepadatan lalu lintas pun tak jarang membuat kondisi di dalam mobil menjadi panas. Oleh karena itu, jangan pernah sepelekan fitur mobil yang satu ini.

Jika Anda tidak melakukan perawatan pada mobil AC seperti cuci AC secara berkala, maka lambat laun AC Anda akan mengalami masalah. AC yang rusak biasanya mengalami berbagai gejala, diantaranya AC mobil tidak dingin, AC mobil mendadak mati atau tidak berfungsi, adanya tetesan air, menghasilkan suara kasar atau bising, dan masih banyak lagi. Lakukanlah perawatan AC pada mobil Anda agar tidak terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, simak beberapa tips cara merawat AC mobil agar tidak mudah rusak berikut ini.

1. Menjaga kebersihan kabin mobil
Selain cuci AC, Anda juga harus menjaga kebersihan kabin mobil agar AC tetap terawat. Pastikan Anda selalu membersihkan kabin mobil dari kotoran dan debu. Kabin yang dibiarkan kotor tidak akan berdampak buruk pada AC mobil Anda. Oleh karena itu, bersihkan kabin mobil Anda minimal 2 minggu sekali dengan menggunakan kain lap basah. 

2. Membersihkan bagian kondensor AC
Langkah yang ketiga yaitu membersihkan bagian kondensor AC. Caranya yaitu dengan  meyemprot bagian kondensor untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Selain itu, jika Anda selalu menjaga kebersihan condensor AC, maka Anda dapat meminimalisir pengeroposan pada condensor. Kotoran-kotoran yang menempel pada kondensor akan mengeras dan menyebabkan korosi.

3. Memasang filter kabin
Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang filter kabin pada mobil Anda. Filter kabin ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu melalui evaporator AC mobil, sehingga udara yang dihasilkan menjadi lebih segar. Selain itu filter ini juga berfungsi sebagai alat pembersih udara yang beredar di dalam kabin mobil pada saat AC mobil dihidupkan.

4. Tidak merokok di dalam mobil
Merokok di dalam mobil banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Namun tahukah Anda bahwa merokok di dalam mobil tidak hanya membahayakan penumpang, tetapi juga AC mobil Anda. Asap yang dihasilkan oleh rokok dapat mengotori Evaporator AC. Selain itu, nikotinnya yang berlendir dan lengket bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dan susah untuk dihilangkan.

5. Melakukan service secara berkala
Langkah yang terakhir yaitu melakukan service secara berkala pada mobil Anda. Dengan melakukan perawatan ini, AC mobil Anda pun akan diperbaiki dan diperbaharui agar fungsinya bisa lebih optimal. Jangan lupa untuk memberi tahu teknisi keluhan-keluhan pada AC mobil Anda jika ada. Anda bisa melakukan service 2 bulan sekali atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Demikianlah kelima tips merawat AC mobil agar tidak rusak. Jika Anda malas untuk melakukan perawatan sendiri, Anda bisa menghubungi jasa service AC maupun cuci AC terdekat di Kota Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar