Selasa, 18 Juni 2019


Mendengar suara yang jernih, empuk, dan mencakup nada yang luas adalah impian semua pecinta musik. Untuk mendapatkan pengalaman mendegarkan musik yang membuat nyaman dan tidak membuat telinga mudah lelah adalah sebuah pencapaian. Maka, biasanya para pecinta musik tidak asal-asalan dalam memilih speaker aktif yang akan menemani mereka beraktivitas sehari-hari dari membuka mata hingga penutupan hari. Pada dasarnya produsen-produsen speaker aktif telah menyediakan produk yang berkualitas dan memiliki konsumen yang tidak sedikit. Namun ada juga yang lebih suka merakit dan memodifikasi speaker aktifnya sendiri demi kepuasan batin. Speaker aktif terbaik yang beredar di pasaran dirasa-rasa ada saja kurangnya. 

Merakit speaker aktif sendiri merupakan hal yang tidak asing lagi, banyak tenaga profesional yang menawarkan rakitan speaker aktif yang menggadang-gadangkan timnya sebagai perakit speaker aktif terbaik di kotanya. Ada baiknya kita menyerahkan kepercayaan kepada tenaga profesional tersebut, namun agar tidak mudah dikadali sebaiknya kita juga mengerti apa yang kita inginkan. Dengan menyebutkan kriteria yang kita inginkan biasanya mereka sudah paham apa yang kita butuhkan. Namun, apa salahnya jika kita juga memahami komponen-komponen yang dapat membuat speaker aktif yang kita impikan terwujud dengan sempurna.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk merakit speaker aktif tidaklah sulit dicari, sudah banyak yang menjualnya di pasaran baik online maupun offline.

Alat
- Obeng
- Tang potong
- Glue gun
- Gunting
- Solder dan timah
- Palu
- Bor
- Pinset
- avometer

Bahan
- Saklar on/off
- Kabel Steker
- Baut
- Sekring
- Audio input dan output panel
- Kiprox
- Elco 6800 uf/50v
- Kit Power Amplifier Stereo Speaker Aktif
- Trafo 5 Amp
- Kabel Serabut Tunggal
- Box Speaker lengkap
- Kabel Skerm
- Speaker 10 inchi

Setelah alat dan bahan sudah terkumpul, kita bisa mulai dengan cara membuat power supply terlebih dahulu, kemudian disusul dengan memasang kit speaker. Setelah itu baru kita dapat memasang speakernya dan memasukkan ke box. Jangan lupa untuk memperhatikan komponen-komponen yang telah terpasang, selalu lakukan tes rangkaian ketika selesai memasangnya. Setelah semua rapi, kita bisa langsung menjajal speaker aktif yang telah kita buat untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. 

Membuat speaker aktif sendiri adalah salah satu cara untuk mengakali kebutuhan kita yang sulit tersedia di pasaran yang sudah terbentuk secara utuh sebagai speaker aktif. Bahan-bahan yang bisa kita pilih sendiri diharapkan bisa memenuhi kepuasan dan sesuai dengan ekspektasi kita, kualitas yang dihasilkan pun tergantung dari pengerjaan dan pemilihan komponennya. Setelah speaker aktif terbaik versi kita telah jadi, jangan lupa dirawat dengan baik, ya! 

0 komentar:

Posting Komentar