Senin, 12 Agustus 2019


Apakah yang terlintas di benak Anda ketika pertama kali mendengar asuransi? Pasti kesanggupan untuk membayar premi tiap bulannya dalam jumlah yang lumayan besar. Terkadang, ada perasaan terbebani karena harus menyisihkan uang untuk asuransi. Namun, sebagai persiapan masa depan, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Sebab, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang. Nah, mengikuti asuransi ini dirasa langkah yang paling solutif yang bisa dilakukan mengingat pentingnya memiliki asuransi untuk keuangan pribadi.

Sebenarnya, ada beberapa jenis asuransi yang bisa diikuti diantaranya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan lainnya. Asuransi jiwa biasanya diperlukan bagi seseorang yang telah memiliki keluarga sehingga bisa mempersiapkan dana ketika terjadi sesuatu diwaktu mendatang. Sedangkan asuransi kesehatan sangat dibutuhkan bagi siapapun untuk menjamin kondisi kesehatannya diwaktu kedepan. Setidaknya, dengan adanya asuransi, kita bisa menghindari sesuatu yang buruk karena terbantu oleh asuransi yang diikuti. Lebih jelasnya, berikut ini adalah lima alasan pentingnya memiliki asuransi untuk keuangan pribadi yang perlu Anda cermati.

Kesehatan Tidak Bisa Diprediksi

Satu pertimbangan seseorang yang enggan mengikuti asuransi adalah karena merasa kondisi kesehatannya prima dan tidak bermasalah. Padahal, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita sendiri kelak bahkan satu jam yang akan datang. Disamping itu, tak dipungkiri pula jika kita berhadapan langsung dengan hal-hal darurat yang membutuhkan biaya tinggi untuk pengobatan seperti kecelakaan. Nah, dengan mengikuti asuransi kesehatan, maka segala risiko biaya tersebut akan ditanggung seluruhnya. 

Satu hal lagi, mengikuti asuransi berarti memberikan suatu yang sangat berharga pada diri kita sendiri berupa ketenangan pikiran karena jiwa dan kesehatan tidak akan terlantar dikemudian hari.

Ingat Pepatah “Sedia Payung Sebelum Hujan“

Saat ini bisa saja kita dalam kondisi sehat. Namun, beberapa waktu kemudian, bisa saja ada sesuatu yang dinginkan terjadi seperti kecelakaan hingga kematian. Jika demikian, tidak dipungkiri bahwa biaya-biaya pengobatan maupun pemakaman dibutuhkan. Padahal, biaya tersebut diluar dari anggaran. Disinilah peran asuransi kesehatan tersebut diperlukan guna membayar berbagai biaya pengobatan maupun pemakaman. Parahnya lagi, jika yang mengalami tersebut adalah tulang punggung keluarga sehingga membuatnya tidak dapat mencari nafkah lagi.

Kejadian tersebut mengingatkan kita untuk sedia payung sebelum hujan. Artinya, sebelum sesuatu yang buruk terjadi, alangkah baiknya mengikuti asuransi sebagai proteksi kehidupan kita. Dengan mengikuti asuransi, kita tak perlu risau lagi ketika kondisi keuangan kritis, namun dituntut untuk memenuhi biaya pengobatan dan lainnya.

Biaya Kesehatan yang Tinggi

Berdasarkan informasi dari Global Medical Trends Survey Report tahun 2011 lalu, biaya kesehatan di Indonesia naik tiap tahunnya mulai dari 10 hingga 13 persen. Kenaikan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya tinginya biaya pemeriksaan medis dengan teknologi tinggi, pengobatan terhadap pasien yang terlalu berlebihan, adanya motif cari untung pada penyedia saran kesehatan, dan terakhir lemahnya kontrol biaya yang dikeluarkan untuk mengelola sarana kesehatan.

Berguna bagi Keturunan

Selain berguna bagi diri sendiri, mengikuti asuransi kesehatan juga berguna bagi keturunan baik anak maupun cucu. Dalam keluarga, asuransi kesehatan ini dinilai sangat penting, terutama saat kondisi finansial tengah kesulitan. Asalkan rajin membayar premi tiap bulannya, maka polis yang terkumpul akan bertambah guna pembiayaan anak cucu kelak.

Sebagai Investasi Maupun Tabungan

Setiap bulan rajin membayar premi, tanpa disadari Anda telah menabung untuk asuransi kesehatan dalam jumlah yang banyak. Sebab, membayar premi sama saja dengan menabung tiap bulannya. Dengan kata lain, asuransi tersebut dapat dianggap sebagai tabungan ataupun investasi di hari tua kelak. 

Nah, setelah mengetahui pentingnya memiliki asuransi untuk keuangan pribadi di atas, kini tiba saatnya untuk menentukan pilihan Anda untuk mengikuti asuransi kesehatan atau tidak. Jika sudah membuat keputusan untuk bergabung, pastikan ajukan asuransi Anda ke penyedia jasa asuransi kesehatan terpercaya. Caranya, identifikasi reputasi perusahaan asuransi terbaik dengan fasilitas menarik yang ditawarkan seperti Lifepal. Di Lifepal, nasabah akan mendapatkan pelayanan dan manfaat mengikuti asuransi. Selengkapnya, silakan kunjungi situs resminya langsung di lifepal.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar