Minggu, 08 Maret 2020


Beragam jenis dan merek televisi kini dapat dengan mudah ditemui di pasaran. Mulai dari televisi dengan harga terjangkau hingga televisi canggih dengan harga tinggi. Harga televisi tidak 100% dapat menjamin terhindarnya televisi dari kerusakan. Apabila Anda memiliki televisi jenis LED yang mengalami kerusakan, berikut ketahui 3 cara service TV LED Anda berdasarkan kerusakannya.

1. Mengatasi TV LED yang Berubah Warna

Salah satu indikasi yang menunjukan kerusakan pada televisi adalah warna televisi yang tidak lagi normal seperti pada umumnya. Kasus yang kerap terjadi pada TV LED adalah warna yang memudar. Meski gambar tidak ada perubahan, namun kerusakan warna ini pastinya cukup mengganggu saat Anda menonton televisi. 

Warna TV LED yang memudar biasanya diakibatkan oleh pengaturan remote yang salah. Cara mudah untuk mengatasi kasus ini ikuti beberapa langkah ini. Langkah pertama, tekan tombol menu pada remote Anda selanjutnya pilih tanda panah arah ke bawah yang pada umumnya terletak di tengah remote, selanjutnya pilih pencarian manual, tekan tombol enter lalu pilih bagian sistem warna. Setelah itu pilih atau ubah pengaturan Anda dari NTSC menjadi PAL.

Warna TV akan berubah menjadi normal kembali. Langkah terakhir tekan tombol menu atau exit untuk keluar. Selain kesalahan pengaturan pada remote Anda. Pudarnya warna pada TV LED juga diakibatkan oleh kerusakan mainboard. mainboard merupakan papan utama yang di dalamnya terdapat komponen-komponen serta chip controller. Mainboard berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari seluruh komponen televisi. 

Langkah yang harus Anda lakukan apabila terjadi kerusakan pada mainboard adalah Periksa kabel LVDS yang terhubung dari mainboard ke controller board.

Pastikan tidak ada kabel yang longgar, jika ditemui kabel longgar Anda perlu mencabut kabel dan pasang ulang dengan tepat dan benar. Selanjutnya reset FPCB dari controller board ke driver board serta periksa sambungan solder pada konektor kabel ke board. Pastikan komponen tersebut terpasang dengan benar maka, warna TV LED Anda akan kembali normal kembali. 

2. Mengatasi Kerusakan TV LED Yang Hilang Gambar Tapi Ada Suara

Seperti yang diketahui, TV LED merupakan televisi yang mengAndalkan lampu LED untuk menerangi gambar. Apabila ditemui kerusakan berupa hilang gambar tetapi ada suara, kemungkinan besar kerusakan semacam ini disebabkan oleh komponen lampu LED yang bermasalah. Ada komponen terkait yang terputus sehingga harus diganti dengan komponen yang baru.

3. Remote TV Tidak Berfungsi

Kerusakan semacam ini terkadang terjadi di segala jenis televisi. Pada umumnya kondisi seperti ini diakibatkan karena terjadinya arus pendek pada remote televisi Anda. Harga remote yang tidak semahal harga televisi memudahkan Anda untuk mengatasi masalah ini. Anda cukup membeli remote baru atau membongkar remote lama untuk memperbaiki komponen yang rusak. 

Sebagai seorang pengguna TV LED, tentunya Anda menginginkan TV LED yang terbaik dengan kualitas gambar terbaik, dan tidak mudah rusak. Tetapi hal itu tidak memungkinkan untuk 100% didapat. Layaknya barang elektronik pada umumnya, TV LED juga tak lepas dari masalah kerusakan. 

Beberapa kasus kerusakan pada TV LED diantaranya bisa dengan mudah diatasi sendiri. Beberapa kasus yang lainnya masuk dalam kategori serius sehingga butuh penangan khusus. Pastikan Anda memilih jasa service televisi yang bagus dan tepat. Silahkan ceritakan keluhan Anda di sejasa.com Anda akan menemukan solusi untuk penyedia jasa terbaik yang Anda butuhkan termasuk jasa service TV LED.

0 komentar:

Posting Komentar